Brand Image Atau Citra Merek Produk

brand image

Brand Image atau Citra Merek adalah pandangan pelanggan tentang suatu merek. Hal ini dapat didefinisikan sebagai bundel unik dalam benak pelanggan atau menandakan untuk apa merek saat ini berdiri. Brand Image atau Citra Merek  adalah persepsi konsumen tentang produk. Cara di mana merek tertentu diposisikan di pasar. Citra merek menyampaikan nilai emosional dan bukan hanya citra mental. Citra merek tidak lain adalah karakter produk.

Citra merek adalah kesan keseluruhan di benak konsumen yang terbentuk dari semua sumber. Konsumen mengembangkan berbagai asosiasi dengan merek. Berdasarkan asosiasi tersebut, mereka membentuk citra merek. Suatu citra terbentuk tentang merek atas dasar persepsi subjektif dari kumpulan asosiasi yang dimiliki konsumen tentang merek.

Ide di balik citra merek adalah bahwa konsumen tidak hanya membeli produk / layanan tetapi juga citra yang terkait dengan produk / layanan tersebut. Citra merek harus positif, unik, dan instan. Citra merek dapat diperkuat menggunakan komunikasi merek seperti iklan, pengemasan, publisitas dari mulut ke mulut, alat promosi lainnya, dll.

Citra merek mengembangkan dan menyampaikan karakter produk dengan cara yang unik berbeda dari citra pesaing. Citra merek terdiri dari berbagai asosiasi dalam pikiran konsumen – atribut, manfaat dan atribut. Atribut merek adalah hubungan fungsional dan mental dengan merek yang dimiliki pelanggan. Mereka bisa spesifik atau konseptual. Manfaat adalah alasan untuk keputusan pembelian. Ada tiga jenis manfaat: Manfaat fungsional – apa yang Anda lakukan dengan lebih baik (daripada yang lain), manfaat emosional – bagaimana Anda membuat saya merasa lebih baik (dari yang lain), dan manfaat / dukungan rasional – mengapa saya mempercayai Anda (lebih dari yang lain) ). Atribut merek adalah penilaian keseluruhan konsumen terhadap suatu merek.

Citra merek tidak harus dibuat, tetapi terbentuk secara otomatis. Citra merek mencakup daya tarik produk, kemudahan penggunaan, fungsionalitas, ketenaran, dan nilai keseluruhan. Citra merek sebenarnya adalah konten merek. Saat konsumen membeli produk, mereka juga membeli gambarnya. Citra merek adalah tujuan dan umpan balik mental konsumen ketika mereka membeli suatu produk. Citra merek yang positif melebihi harapan pelanggan. Citra merek yang positif meningkatkan niat baik dan nilai merek suatu organisasi.

Singkatnya, “Brand Image/Citra merek” adalah ekstrak bersih pelanggan dari merek.

Related Articles

berita teknologi cyber security https://teknonebula.info/ Tekno Nebula