Branding Produk Faktor Majunya Sebuah Bisnis
Dalam dunia bisnis pasti ada yang mempengaruhi kemajuan sebuah usaha salah satunya adalah membranding produk.
Brand merupakan aset terpenting yang harus dimiliki sebuah perusahaan. Brand memberi nilai, menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang. Kenapa dikatakan demikian? Sebab, branding produk termasuk komponen penting yang akan menentukan pelanggan bagaimana mereka membeli dan mengambil sebuah keputusan. Brand yang baik akan menempatkan posisi produk anda di atas dan membantu produk anda menjadi pilihan utama bagi konsumen.
Ketika brand tersebut dikembangkan dengan baik, maka brand tersebut akan menjadi wadah yang kuat untuk mempromosikan sebuah produk, menciptakan ikatan khusus dengan pelanggan, merangsang pengalaman yang unik, serta memelihara konsistensi dengan kualitas produk yang ditawarkan.
Setiap manusia pasti mengalami peristiwa tertentu atau empiris dalam menentukan sebuah pilihan dengan orientasi sensorik. Artinya, dasaran pada penilaian terdapat pada hal-hal yang sifatnya inderawi. Sifat inderawi ini yang dimaksud seperti stimulasi visual, rasa, bau, sentuhan dan suara, dan sifat ini dilakaukan secara tidak sadar atau di bawah alam sadar. Jadi, sudah biasa seorang konsumen mengaitkan-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya.
Seorang pembisnis harus memahami hal ini, sebab hal ini akan sangat membantu pembisnis membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa bagi perusahaan. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, mempunyai perasaan bahwa hal ini adalah identitas yang ingin tunjukkan kepada pelanggan. (kutipann artikel-Sribu Corner)