Cara Membuat Label Bagus Dan Menarik
Bisnis pakaian sekarang belakangan ini semakin diminati banyak kalangan kusunya anak muda. Selain mendatangkan banyak keuntungan, tapi risiko bisnis ini relatif kecil. Produk pakaian tidak akan basi atau mudah rusak seperti makanan. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga pasti ada peminatnya. Maka tidak heran lagi kalau semakin banyak yang membuka bisnis pakaian.
Strategi label yang efektif memberi Anda keunggulan besar dalam pasar yang semakin kompetitif. Tapi apa sebenarnya arti “label”? Bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis yang baru memulai seperti milik Anda?
Sederhananya, label adalah janji Anda kepada pelanggan Anda . Ini memberi tahu mereka apa yang dapat mereka harapkan dari produk dan layanan Anda, dan itu membedakan penawaran Anda dari pesaing Anda. Label akan memberikan brand Anda berasal, siapa yang Anda inginkan dan siapa yang memandang Anda.
Menentukan label yang tepat bagi bisnis pemula, antara lain;
- Tentukan Nama Brand
- Rancang Konsep Merk
- Tentukan Slogan Brand
- Karakter
Jadi penjelasan di atas merupan elemen label yang wajib diperhatikan. Kurangnya membangun ekuitas label produk menjadi salah satu penyebab fatal kegagalan branding. Jika suatu produk telah memiliki ekuitas merk yang kuat maka mereka dapat melakukan berbagai macam strategi seperti co-branding, bran extension, line extansion serta beberapa setrategi pengembangan merek lainnya.