Meningkatkan pandangan merek Anda dapat melibatkan berbagai macam media dan strategi, tetapi tujuannya selalu untuk menarik pelanggan baru sambil mempertahankan pelanggan setia Anda. Anda akan melakukan ini dengan memberi mereka produk yang sesuai dengan image dan janji merek Anda .
Tetapi bagaimana Anda melakukan hal ini dengan melibatkan strategi merek Anda?
Strategi merek melibatkan bagaimana, apa, di mana, kapan, dan kepada siapa Anda ingin berkomunikasi dan menyampaikan pesan merek Anda. Jika strategi branding Anda efektif, itu akan memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda. Merek Anda adalah janji yang Anda buat kepada pelanggan Anda, memberi tahu mereka apa yang diharapkan dari produk dan layanan Anda.
Hal tersebut harus membedakan dari pesaing Anda, dan memberi tahu pelanggan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Anda membentuk persepsi merek itu melalui apa yamg akan Anda jadikan, dan bagaimana pelanggan Anda akan memandang Anda.
Persepsi merek adalah istilah lain yang layak dibanggakan dalam spektrum merek yang dibentuk melalui upaya merek Anda. Saat membentuk strategi merek Anda, Anda harus mempertimbangkan apa yang pelanggan Anda anggap berarti dan mewakili nama merek Anda. Cara terbaik untuk membentuk reputasi perusahaan Anda adalah melalui pesan yang efektif dan pengalaman merek Anda.
Langkah Membangun Merk
Hal pertama saat membangun merek adalah membuat target pelanggan Anda mengenal siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Keakraban adalah bagian besar dari proses pengambilan keputusan bagi konsumen yang berada dalam mode pembelian. Ini berarti bahwa jika seseorang berbelanja dan membandingkan dua produk serupa, mereka lebih cenderung membeli satu dari merek yang mereka kenal, daripada mengambil risiko pada produk yang belum pernah mereka dengar. Memiliki merek yang kuat membantu konsumen memilih produk Anda daripada pesaing.
Cara pertama untuk membangun merek Anda adalah dengan membuat logo yang kuat sehingga konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi dengan merek Anda
Bagaimana Anda bisa menyampaikan siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan melalui sebuah logo? Ini bisa menyakitkan, tetapi ada baiknya meluangkan waktu untuk melakukannya dengan benar. Idealnya, Anda hanya akan melakukan ini sekali, jadi Anda tidak perlu menyerah pada pekerjaan yang telah Anda lakukan dan memaksa orang untuk kembali terbiasa dengan logo baru.
Identitas visual Anda akan berkembang, tetapi semuanya dimulai dengan fondasi Anda: logo. Dari sana, branding Anda akan menggabungkan warna perusahaan Anda yang telah Anda pilih untuk alasan yang lebih spesifik daripada terlihat keren. Anda kemudian akan merumuskan tampilan keseluruhan, termasuk situs web Anda, kemasan, dan semua materi promosi. Visual ini akan menjadi titik masuk utama bagi pelanggan, jadi Anda perlu segera diidentifikasi merk dengan jelas.
Logo dan visual Anda tentu saja merupakan bagian penting dari merek Anda yang harus dipertimbangkan dengan cermat, tetapi kesadaran merek Anda juga akan dibangun melalui pesan yang kuat dan ringkas. Anda bahkan dapat meningkatkan daya tarik merek Anda melalui iklan dan komunikasi, pengalaman di dalam toko, penetapan harga, sponsor dan kemitraan, asosiasi amal, selain identitas visual Anda.
Branding yang sukses juga akan membantu membangun reputasi perusahaan Anda dari dalam. Anda kemungkinan akan membeli dari merek yang terhubung dengan Anda, misalnya, jika Anda mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan tertentu – terutama jika mereka senang bekerja di sana. Anda juga akan merasa lebih terhubung dengan merek yang mempromosikan budaya yang Anda cita-citakan untuk menjadi bagiannya, dan mungkin Anda bahkan ingin bekerja di sana sendiri dan bergabung dengan dunianya. Ini meningkatkan reputasi dan suasana merek dengan menciptakan ruang dan perasaan, bukan hanya produk.
Semua upaya Anda digabungkan untuk menciptakan pengalaman merek yang akan dinikmati pelanggan Anda. Jika mereka menyukai logo Anda, situs web Anda mudah digunakan, mereka mendapatkan getaran yang baik ketika mereka berada di toko Anda dan mereka menyukai apa yang diwakili oleh merek Anda, mereka akan berubah menjadi pelanggan setia dalam waktu singkat.
Meskipun branding itu rumit, penting untuk diingat bahwa Anda memiliki kepemilikan atas merek Anda, jadi kendalikan dan rencanakan pengalaman yang Anda ingin pelanggan Anda miliki.
Hal yang penting untuk di ketahui juga : Dengan kata yang sangat sederhana, produk adalah apa yang Anda jual, merek adalah citra yang dirasakan dari produk yang Anda jual, dan branding adalah strategi untuk menciptakan citra itu.