Branding adalah bagian yang sangat mendasar dalam sebuah pemasaran yang harus didalami secara menyeluruh. Branding dapat menentukan kemajuan sebuah produk di dalam persaingan pasar. Kenapa dikatakan demikian? Sebab, branding produk termasuk komponen penting yang akan menentukan pelanggan bagaimana mereka membeli dan mengambil sebuah keputusan. Brand yang baik akan menempatkan posisi produk anda di atas dan membantu produk anda menjadi pilihan utama bagi konsumen.
Nama, logo, slogan, karakter, kemasan merupakan elemen branding yang wajib diperhatikan. Kurangnya membangun ekuitas branding merk menjadi salah satu penyebab fatal kegagalan branding. Jika suatu produk telah memiliki ekuitas merk yang kuat maka mereka dapat melakukan berbagai macam strategi seperti co-branding, bran extension, line extansion serta beberapa setrategi pengembangan merek lainnya.
Beberapa solusi untuk mengatasi kegagalan dalam membranding sebuah produk:
- Memunculkan daya tarik brand yang inovatif
- Menguatkan brnad extension
- Selalu evaluasi dan berinovasi
- Analisa pasar dan tepat sasaran
- Menganalisis bisnis yang sedang tumpul
- Memahami komersialisasi merk
Seorang pembisnis harus memahami hal ini, sebab hal ini akan sangat membantu pembisnis membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa bagi perusahaan. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, mempunyai perasaan bahwa hal ini adalah identitas yang ingin tunjukkan kepada pelanggan.